Apa itu Optoelektronika?

Apa itu Optoelektronika

Semua jarang mendengar “optoelektronik” baik di sekolah menengah dan di tingkat perguruan tinggi, jadi saya baru belajar optoelektronik ketika saya duduk di semester keempat. Pada awalnya saya juga kurang akrab dan jarang mendengar tentang “Optoelektronik” Tentu saja yang terlintas dalam pikiran tentang program optoelektronika untuk belajar tentang kursus sub bab Elektronik Dasar dan alat perakitan elektro kit, tampaknya, penjelasan guru saya dan mencari berbagai sumber, optoelektronika pelajari lebih lanjut tentang optik dan gelombang. Dan untuk menambah pengetahuan kita tentang optoelektronika lagi, saya pikir definisi kebenaran optoelektronik, sebagai berikut:

Optoelektronika

Pengertian Optoelektronika Dari Sumber Wikipedia

Optoelektronika adalah cabang ilmu yang mempelajari peralatan elektronik yang berhubungan dengan cahaya dan juga dianggap sebagai sub-bidang fotonik. Dalam konteks ini, studi cahaya mencakup seluruh spektrum cahaya dalam gelombang elektromagnetik (spektrum elektromagnetik), seperti sinar gamma, sinar X, sinar ultraviolet dan inframerah, yang merupakan bentuk radiasi yang tidak terlihat dari cahaya lain dari cahaya tampak oleh mata manusia normal (spektrum tampak).

Dalam bidang sains, adalah kelebihan daripada penggabungan bidang optik dan elektronik, itu adalah untuk menghasilkan peralatan yang jauh lebih baik dan lebih berguna, terutama yang berkaitan dengan teknologi telekomunikasi sendiri serat optik.

Aspek penting dalam bidang ini adalah bagaimana menggunakan sumber foton sebagai sarana untuk mengirimkan bit informasi perangkat optoelektronik adalah aplikasi perangkat elektronik yang digunakan untuk mendeteksi dan mengontrol sumber cahaya atau dapat juga dianggap sebagai perangkat listrik untuk konversi optik, atau sebaliknya. sumber cahaya yang digunakan dalam aplikasi ini diproduksi termasuk dioda injeksi, LED dan laser. Beberapa sumber ini telah banyak digunakan dalam berbagai perangkat optoelektronik yang biasa digunakan dalam telekomunikasi serat optik.

Menurut Luminentinc

Perangkat optoelektronik adalah aplikasi perangkat elektronik yang digunakan untuk mendeteksi dan mengontrol sumber cahaya atau dapat juga dianggap sebagai perangkat listrik untuk konversi optik, atau sebaliknya. sumber cahaya yang digunakan dalam aplikasi ini diproduksi termasuk dioda injeksi, LED dan laser. Beberapa sumber ini telah banyak digunakan dalam berbagai perangkat optoelektronik yang biasa digunakan dalam telekomunikasi serat optik.

Optoelektronika juga dianggap sebagai cabang ilmu yang mempelajari peralatan elektronik yang berhubungan dengan cahaya dan sub-bidang fotonik juga dipertimbangkan. Dalam konteks ini, cahaya yang dipelajari juga mencakup seluruh spektrum cahaya dalam gelombang elektromagnetik (spektrum elektromagnetik), seperti sinar gamma, sinar X, sinar ultraviolet dan inframerah, yang merupakan bentuk radiasi yang tidak terlihat dari cahaya lain yang terlihat oleh cahaya. cahaya mata manusia normal (spektrum tampak).

Dalam bidang sains, adalah kelebihan daripada penggabungan bidang optik dan elektronik, itu adalah untuk menghasilkan peralatan yang jauh lebih baik dan lebih berguna, terutama yang berkaitan dengan teknologi telekomunikasi sendiri serat optik. Aspek penting dalam bidang ini adalah bagaimana menggunakan sumber foton sebagai sarana untuk menyampaikan bit informasi.

Ada berbagai jenis perangkat optoelektronik termasuk perangkat optoelektronik, yaitu, sel surya dan fotodetektor. Pertimbangannya adalah penggunaan dua jenis perangkat optoelektronik, frekuensinya cukup tinggi dibandingkan yang lain. Prinsip fisik sel surya dan fotodetektor yang hampir serupa sebenarnya menghasilkan pasangan lubang elektron melalui proses eksitasi ketika foton mengenai permukaan perangkat.

Perbedaannya adalah panjang gelombang dari foton yang dapat diserap dan berkontribusi pada proses pembuatan. Sel surya dapat menyerap spektrum energi foton dalam rentang energi foton yang cukup luas sama dengan atau lebih besar dari bandgap energi bahan yang membuat sel surya. Sedangkan fotodetnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *